Selasa, 16 Desember 2014

Sekolah

Jadi gini. Nyaris semua mata pelajaran yang gue pelajari di sekolah tuh ga ada gunanya.
Gue dulu lumayan pinter, rangking 5 besar, suka banget pelajaran Matematika, Inggris, Sejarah dan Biologi.
Semuanya ga terlalu gampang, tapi karena gue suka jadi gue rajin banget belajar..
Lalu gua lulus SMA dengan nilai lumayan memuaskan.
Tapi. Kira-kira 1-2 bulan seudah masuk kuliah, gue udah lupa ampir semua materi yang udah gue pelajari (dan dapet nilai bagus).
Matematika yang gue inget ya cuma kali bagi tambah kurang, itung volume, luas dll. Sedangkan integral, turunan, limit, matriks gue lupa total.
Biologi nyaris semua gue lupa.
Sejarah inget samar-samar.
Paling inggris aja yang gue masih lumayan bisa.. kepake banget inggris mah sampe sekarang juga.
GUE GA BILANG SEKOLAH ITU GA GUNA.. Manusia saat ini sering salahpaham.
Tapi gunanya sekolah yang utama bukan seputar isi materi pelajarannya. Mungkin lebih ke sosialisasi, membangun mental dan semangat juang, dan lain-lain pret lah.
Pas SMP gue nyaris ga naek kelas, terus pas SMA gue berusaha untuk bangkit dan berhasil. Pretttt... tapi kenyataannya, guru-guru yang menilai afektif murid, ga tau acan seberapa besar usaha yang gue kerahkan buat bangkit dari keterpurukan. Nilai afektif yang mereka cantumin di rapot cuma sebatas apa yang terlihat di luar.
They don't know me. 
They don't know how i fight.  

Intinya, nilai yang mereka tulis di rapot itu cuma sebatas angka yang sama sekali ga menggambarkan keadaan gue yang sesungguhnya.
Terus... yang bikin gue bete adalah pelajaran Agama. Masa keimanan gue dinilai sama sesama manusia? Aneh! Kamu santo? Nabi? Utusan dewa Zeus? Groarrr~
Maksud gue, masa keimanan dinilai dari seberapa baik ngapalin buku teks?
Emangnya si guru tau berapa sering gue doa? Atau berapa banyak gue udah menolong orang yang membutuhkan? Atau... Sudahlah.
Walaupun guru agama saya dulu sebenernya lucu juga sih dan lumayan baek. :p
Yaudalah. Da pendidikan Indonesia mah masih jauh dari maju.
Betewe belakangan blog gue udah ga lucu ya. Tapi kalo di kehidupan nyata gue masih lucu kok. Tenang. Bwahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar