Senin, 15 Juni 2015

Pernahkah kamu ngerasa diri kamu adalah orang yang sangat pintar?

Gini. Gue punya temen, sebut saja Ajeng. Si Ajeng ini, secara akademis pas-pasan banget, bisa dibilang di bawah rata-rata. Walau demikian, dia ini sebenernya pinter dan gue rasa dia tuh malah bisa dibilang multi-talented. Dia punya kemampuan-kemampuan aneh.. Dia bisa nyanyi, masak, ngedance. Dia juga bisa makan spageti lewat hidung. Intinya, gue tau dia bukan orang bego, dia smart dan social skillnya tinggi. Keliatan abis.

Lalu apa masalahnya? Si Ajeng ini tingkahnya kayak orang bego. Kadang dia jelek-jelekin prestasi belajar dia sendiri. Dia ngerasa dia tuh bego, soalnya nilainya jelek. Padahal gue tau kecemerlangan dia yang sesungguhnya.

Beberapa minggu yang lalu, si Ajeng ini curhat ke gue sambil kukulutus gitu. Ceritanya dia lagi bete sama temennya, sebut saja Boy. Si Boy ini pinter secara akademis dan dia ngejekkin Ajeng. Kaya gini nih ngejeknya.
"Jeng lu kapan sih lulus? Kayanya sih waktu gue uda sukses dan punya jabatan di perusahaan Jakarta, baru lu lulus deh. Tenang, gue bakal bela-belain pergi ke Bandung buat dateng ke wisudaan lu.."

Mamen. Sekilas mungkin ini hanya hinaan biasa, tapi buat orang yang IPKnya jelek dan udah pasti bakal lulus lama kaya Ajeng, hinaan ini mungkin rasanya ngena banget.

YANG gue heran... Si Boy ini sering banget minta pertolongan Ajeng. Misal, minta tolong terjemahin satu dua kata bahasa inggris, minta tolong installin antivirus, nanya resep makanan, nanya cara makan spageti lewat idung, dan lain-lain.

Yang gue liat di sini adalah: Kelebihan Boy adalah di bidang akademis. That's all.
Kelebihan Ajeng adalah: banyak... dan dia sering banget nolongin orang dengan kelebihan-kelebihan dia ini. Bahkan dia nolongin si BOY.
Menurut gue sendiri, nilai diri si Ajeng jauh lebih tinggi dibanding Boy. Si Boy ngerasa diri dia udah super banget dengan nilai akademis dia yang bagus. Sedangkan Ajeng selalu ngerasa kurang walaupun dia sebenernya udah berbuat banyak hal baik buat orang di sekitar dia.

Nah.. Buat kalian yang ngerasa uda paling jago/pinter/jenius/sukses... Tunggu dulu. Apa bener kalian uda sehebat itu?
Jangan-jangan kalian kaya si Boy, cuma punya satu kelebihan (yang belum keliatan manfaatnya) tapi udah ngerasa superb.

Dan buat kalian yang ngerasa rendah diri, apa bener kalian secupu itu?
Bisa jadi kalian kaya Ajeng, cuma 'mines' di satu-dua hal, tapi dalam hal laen uda bisa jadi dampak baik buat orang-orang di sekitar kalian.

Hal ini berlaku ga cuma buat bidang akademis dan skill. Bisa juga kesuksesan, kepopuleran, kebaik-hatian, dan lain-lain.

Sekian deh post kali ini. Post ini tujuannya sih biar kita bisa bercermin ulang, dan ngeliat diri kita sekali lagi. Apa bener kita udah sehebat yang kita kira? Atau, apa bener kita secupu yang kita kira selama ini? Mungkin tidak....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar