Selasa, 14 Februari 2023

Baik

 Gue emang orangnya lumayan baik dan seneng kalau orang-orang sekitar gue jadi tambah hepi dengan adanya diri gue di hidup mereka.

TAPI

Tentu saja tidak semua orang pantas untuk disenangkan dengan kehadiran diri ini.

Karena ada aja sih orang yang, hmm, malah aji mumpung, manfaatin, atau malah ngatur-ngatur.

Walau gue lumayan baik tapi gue menarik batas tegas untuk orang-orang seperti ini, gue lakukan hal itu dengan santay. Bisa kok nolak orang dengan santay.

Misalnya dulu temen kantor gue pernah seenaknya aja nyuru gue jalan ke depan kantor buat beliin dia cimol.

"Noi beliin gue dong cimol di depan, bentar doang kok."

Simonyet, lukata gue mau membakar kalori tubuh gue hanya demi membelikan lu cimol.

Gue cukup simple jawab,"Duh males euy ci hehehehehehehe." 

*ketawa ramah
*tinggalkan

Tentu saja hal itu bisa gua katakan karena dia adalah teman kantor sederajat dengan gue, sesama plep tolong jangan saling nyuruh-nyuruh apalagi nyuruh melakukan hal tidak berfaedah seperti beliin cimol.

Tapi kalau yang nyuruhnya bos atau manager atau orang tua biasanya gue lakuin aja sih dengan sukacita wkwkwkwk.

Kemudian ada juga orang yang kalau dibaikin malah ngelunjak zzz
Misalnya, gini, gue tuh orangnya biasanya rela hati minjemin barang ke temen kalau emang gue bisa. Nah di suatu hari yang cerah, teman gue si Ucok mau numpang ngeprint ke rumah gue. Yaudah gapapa lah masa gue ga mau bantuin temen. Terus dia ke rumah gue ngeprint.

Beberapa kali dia ngeprint, ga masalah. Hingga di suatu hari yang cerah ketika gue nyampe ke rumah, gue liat dia lagi main The Sims di komputer gue. Ga ijin dulu, ga ngomong dulu. Entah gimana juga dia bisa tiba-tiba ada di rumah gue. Udah gitu pas dia pulang, ortu gue ngomong "Noi si Ucok kok gitu ya, tadi dia dateng terus nanya Noi mana, mama bilang Noi belum pulang, terus Ucok malah jawab gapapa deh Noinya ga ada, yang penting komputernya ada."

OI!

Dibaikin malah ngelunjak ya kak. Taken for granted. 


Terus terus terus ada juga tipe orang yang doyan ngatur-ngatur orang lain bahkan yang bukan urusan dia. Misalnya ngatur gimana gue gambar alis gue, ngatur inilah itulah macem-macem yang bukan urusan dia. 

Biasanya kalau ada yang kaya gitu, gue sengajain aja jawab,"Iya alisnya sengaja diginiin biar kayak Shinchan. EHEHEHEHE" *ketawa culun

Kalau orangnya belagu atau apa, iyahin aja, ,tapi ga usah diturutin. Kecuali yang ngasih taunya emang orang yang ada hubungan sama kita, misalnya, ortu, bos, manager, dan semacamnya. Jadikan bahan instrospeksi boleh juga. Tapi kalau orang yang ga ada urusannya sama hidup kita dan self improvement kita, terus doyan ngatur-ngatur hal-hal pribadi kita (misalnya bentuk alis kita) iyahin ada terus ga usah diturutin. Ngedebatnya males juga ya.


Ingat, ga semua orang harus didebat.

Ga semua omongan orang harus diturutin.

Namun, ga semua kritik harus diabaikan. Mana tau ada kritik yang membangun? Mana tau diri ini ternyata emang agak mines tapi kita ga nyadar? 

Intinya banyak introspeksi tapi tetep jangan biarin orang mempengaruhi, atau ngontrol kita sesuka hati dia. Memilih mana yang harus didengar dan yang tidak, adalah sebuah seni. Emang ga ada aturan jelas mana yang harus didenger dan mana yang harus diabaikan kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar