Rabu, 07 Oktober 2015

Baca Buku

Loh udah pagi lagi.

Hehehehehe.

Kalian suka baca buku gak? Gue suka banget baca buku, gak harus novel, bisa juga ensiklopedia, buku mitologi, dll. Tapi memang novel yang paling sering gue baca soalnya novel sangat gampang ditemui dimana-mana dan murah dan ampir semua orang yang suka baca, punya novel. Kayak bulu idung, semua orang punya bulu idung.

*apasih*

Novel yang gue suka?
No teenlit please.
Bukannya gue ga suka cerita romantis percintaan aha aha anak muda, gue suka kok, gue juga cewek.
Gue cewek tulen!!
Cuma belakangan ini cerita percintaan teh berasa basi, gitu-gitu aja, kurang mengejutkan. Harusnya para penulis novel mulai bikin plot twist yang lebih ekstrim daripada sekedar Bella berubah jadi vampir demi cinta. Harusnya bikinnya gini: ternyata Bella adalah seorang werewolf homo yang mencintai Edward. Padahal Edward straight. Sebelum merid mereka kan ga pernah melakukan xxx jadi ga akan ketauan. Nah begitu merid, baru aja Edward terkejut ketika ia melihat sebutir *sensor* pada tubuh Bella. Kan seru. Ga ding. Canda.

Ehiya ... Kemaren gue baca buku Aggelos, ceritanya tentang malaikat jatuh cinta sama manusia, pengarangnya cowok. Gue kurang suka buku ini, soalnya tipikal FTV banget. Jadi ceritanya mereka saling suka tapi saling ngejek-ngejek gitu. Terus si ceweknya ngomongnya benci ama si cowok tapi terus-terusan gangguin si cowok dengan alasan: MINTA TANGGUNG JAWAB UDAH MAKAN SANDWICHNYA DIA.

Demi ketiak biawak.

APA PENTINGNYA SANDWICH??

Kalau emang benci mah yauda aja atuh tinggalin si cowoknya dan ga usah urusan lagi. Relakan sandwich yang sudah hilang. Sumputin baik-baik sandwich-sandwich berikutnya yang kamu miliki. Ngapain coba sok-sok gangguin si cowok gara-gara sandwich. Modus pisan.
Terus kenapa gue baca buku tersebut?
1. Liat covernya keren
2. Kagok kalo ga diberesin bacanya soalnya ga tebel amat.

Terus terus gue baca buku Diary of Anne Frank. Hmm agak bosen sih, ga ada klimaks yang jelas, soalnya itu kan aslinya buku diary yang dinovelkan.
Ceritanya tentang seorang gadis muda belia yang doyan jingkrak-jingkrak sambil cengengesan licik bernama Anne Frank. Dia ini jahil dan suka mengganggu kakaknya.
Gue baca ini cuma pengen tau aja buku yang diangkat dari diary legendaris Anne Frank. Tapi itu kisah nyata loh! Anne Frank ini seorang anak turunan Yahudi yang sembunyi dari pembantaian oleh orang Jerman.
Kalo kamu bayangin jadi Anne Frank, pasti deg-degan dan stres banget dikejar-kejar sama si Jerman. Padahal kamu hidup  lurus, ga berdosa, cuma maen boneka dan bekerja dengan halal, tapi diburu cuma gara-gara berdarah Yahudi. Apalagi si Anne Frank cuma gadis perawan muda belia yang gak tau apa-apa. Walau si Anne ini agak bandel sih sebenernya. LoL. Sering dimarahin mamah papahnya.

Hmm gue sangat sangat menentang pembantaian dan diskriminasi berdasarkan keturunan (atau agama, atau apapun!). Seseorang kan ga bisa milih mau lahir jadi keturunan apa, jadi anak siapa. Ga adil banget buat manusia yang (ga sengaja) lahir dari keturunan X terus dibantai padahal gak tau apa-apa, ga berdosa apa-apa. Menurut gue, justru yang ngebantainya yang dosa!
Dear pembantai:
Anak-anak kamu juga ga bisa milih buat jadi keturunan kamu wahai para pembantai. Mungkin mereka menyesal juga lahir sebagai anak pembantai. Itu bukan salah mereka. Itu salah ELO.
Kalo anak-anak ELO dibantai gagara ELO pernah ngebantai, menurut ELO adil gak buat anak-anak ELO? 

Oke. Gue mulai muak mengetik 'ELO'.

Terus terus gue kemaren baca buku Dunia Sophie. Ini buku terkenal banget, tapi gue baru baca 1/5 buku udah mulai bosen. Depannya filsafat banget, kaya buku pelajaran yang dinovelkan. Terus gue pause bacanya dan belom lanjutin ampe sekarang.

Nah sekarang gue lagi mau baca To Kill a Mockingbird. Sebenernya uda mulai sih tapi baru sampe halaman 20 jadi gue belom bisa komen apa-apa tentang buku legendaris ini. Beneran legendaris loh! Dan buku ini ceritanya tentang ras-ras gitu! Gue suka banget cerita-cerita kaya gini. Tau film 12 Years a Slave? Itu juga gue sukaaaa banget. What a great movie!!
Semoga diskriminasi apapun di dunia bisa dihapuskan.

Kenapa ya manusia ga diciptain satu ras aja semua. Satu agama semua.

Ups. Gue cukup yakin kalo pun seluruh dunia dihuni oleh hanya satu ras/agama maka manusia tetep akan menemukan 1001 hal lain yang bisa jadi bahan diskriminasi / kebencian / peperangan /perpecahan.
Manusia mah memang sulit untuk damai, sejauh yang gue liat. Sama sodara seiman / seras / sekampung / sekecamatan aja selalu bisa berantem bahkan bunuh-bunuhan. Liat aja sejarah manusia seluruh dunia!!!  :(

Udah gitu buku yang gue baca juga adalah: Advanced Accounting. Jadi buku ini isinya tentang bagaimana cara membuat perhitungan akuntansi dan jurnal  dan laporan keuangan yang sesuai dengan standard IFRS dan dapat dipahami oleh dunia internasional dalam menyatukan dua perusahaan dengan cara blablablablabla *hatchiw*
Buku yang dengan sangat terpaksa sekali gue baca.

Hmmmm gue sangat suka membahas buku dan ngobrolin buku. Dan politik. Dan ras. Dan kemanusiaan.  Dan budaya. Tapi tidak dengan akuntansi.

Laen kali gue post lagi deh tentang buku yang gue baca. Ahey!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar