Rabu, 30 Desember 2015

Ngejelekin Orang

Emang sih, ngomongin orang tuh adalah kegiatan yang sangat manusiawi, gue juga kadang suka ngomongin orang.
Tapi, gak jarang juga gue ngeliat orang yang ngomongin orang laen dengan lebay, ngomongin dengan maksud ngejelek-jelekin seseorang biar orang tersebut dimusuhin orang laen. Gini ceritanya.

Gue punya temen, yang satu namanya Atun, satu lagi Tika. Dua-duanya temen gue, tapi mereka sendiri gak terlalu deket, cuma kenal doang.

Si Atun ini orangnya unik dan independen banget. Gak kayak cewek-cewek lain yang biasanya hidup 'bergerombol', Atun punya temen dimana-mana tapi gak ada yang jadi temen geng gitu. Nah anehnya Atun adalah, dia orangnya sangat primitif, pegang handphone bisa 3-7 hari sekali. Lu kirim chat pake Line ke dia bisa dapet balesan kaya lu kirim surat lewat kantor pos. Lama banget.

Temen gue si Tika, dia beda lagi. Dia kayak cewek pada umumnya yang suka hidup bergerombol, dia cerdas, orangnya berambisi dan berjiwa pemimpin. Kalo ngerjain sesuatu dalam kelompok, dia selalu otomatis memimpin. Kerjanya cepat dan terarah. Tapi dia suka ngegosip.

Suatu hari, ada suatu event yang kebetulan 'memaksa' kita bertiga buat ketemuan dan kerjasama. Nah gue sih ga pernah ada masalah sama mereka berdua. Tapi ternyata Tika dan Atun ini gak cocok.
Tika orangnya kalo ngerjain sesuatu kan selalu terarah, cepat, komunikasi jelas. Dia keki banget sama Atun yang orangnya banyak improvisasi kalo kerja, apalagi kalo dichat lama balesnya.

Akhirnya kerjasama kami ini selesai. Done.
Pikir gue sih kalo udah beres ya udah aja, walau jatuh-bangun tapi hasil kerja kita oke.
Nah yang bikin gue heran, si Tika ini kayak dendam kesumat sama si Atun. Kesannya si Atun ini makhluk yang hina-dina. Tika ngejelek-jelekin Atun ke semua orang, termasuk ke gue. Kan gue nanya, emang si Atun salah apa sih sampe lo benci banget sama dia?
Dia jawab gara-gara Atun orangnya aneh, kalo bales chat lama, cara kerjanya aneh, terus gak seru kalo diajak ngobrol.
Lah.
Gue kira si Atun ngerebut pacar si Tika atau menusuk dari belakang atau melakukan tindakan-tindakan kriminal lainnya. Ternyata cuma soal perbedaan dan keanehan.
Pikir gue sih semua orang juga ada anehnya, tapi keanehan si Atun ini bukan hal yang prinsip dan gak perlu jadi dasar kebencian. *pret*
Intinya sih Tika ngehasut orang-orang buat jauhin Atun buat alasan yang gak jelas, yaitu gak suka sama gaya hidupnya dan kelakuannya. Asumsi gue sih Tika gak suka sama cewe yang berbeda dengan Tika.

Nah kebalikan sama si Tika, Atun orangnya slow banget. Dia orangnya memang suka ngomongin topik penting kayak filsafat, makna hidup, tujuan hidup. Kontras sama Tika yang doyan ngegosip. Nah Atun ini sekalinya ngomongin orang, malah ngomongin yang baik-baik.
Malah dia sempet ngomongin yang baik tentang Tika ke gue.
"Eh Noi, Tika tuh sebenernya temen yang care banget sama lo! Dia mikirin gimana biar nilai Akuntansi lu naek. Makanya Noi lu harus belajar lebih rajin yah." Blablabla.

Lah. Gue yang di posisi 'mendengarkan', justru jadi ngerasa si Atun tuh orang baik yang juga menyebarkan berita kebaikan dan berusaha ngedukung gue.
Sebaliknya, gue ngerasa si Tika yang berusaha bikin orang musuhin si Atun dengan ngejelek-jelekin Atun, adalah orang yang mulutnya 'jelek' beneran, penuh kata-kata iblis dan kebencian.
Gue agak lebay. :p

Tapi jujur aja, itu yang gue rasain. Dan dari situ gue sadar, waktu lu ngejelek-jelekin orang laen, itu nunjukkin betapa jeleknya diri lu, bukan diri orang yang lu jelekin.
Orang malah jadi ngerasa, si Tika lah yang jelek kelakuannya, bukan Atun. Gitu.

Nah kesimpulannya sih.. Waktu lu mau ngejelekin orang laen, pikir dulu deh:
1. Kenapa lu ngejelekin orang tersebut? Kebencian gak beralasan?
2. Apa untungnya buat lu ngejelekin orang tersebut?
3. Dampak buat orang yang lu jelekin gimana? Jangan-jangan dia bisa kehilangan teman sangat banyak gara-gara lu, atau bisa juga dia adem ayem tapi malah lu sendiri yang pikirannya mumet gagara penuh kebencian?
4. Dampak buat diri lu sendiri gimana? Jangan-jangan dengan ngejelekin orang laen, diri lu sendiri yang nampak jelek di mata orang-orang.
5. Dosa gak ngomongin orang? :P LOL

Udah deh segitu dulu share dari gue. *halah*
Gue mau mandi siang dulu ya. Maklum lagi liburan.
Aye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar