Minggu, 27 Desember 2015

Star Wars: The Force Awakens (2015)

Hai. Di sini ada yang penggemar Star Wars?
Gue lumayan suka sih, tapi tetep lebih suka Game of Thrones, hahahaha.

Kemaren gue udah nonton film Star Wars, sekarang gue mau tulis kesan-kesan dan kritik setelah nonton.

Secara keseluruhan, filmnya seru. Aksinya oke. Pemerannya oke, entah kenapa gue merasa si Poe menawan juga, walau udah agak om-om yah. Terus si Rey, keliatannya kayak 'cantik tanpa merawat diri', soalnya, dia keringetan, rambut dicepol tiga (entah gaya rambut darimana ini), baju kotor, tapi kok cantik-cantik aja ya rasanya.
Udah gitu penjahatnya, si Kylo Ren, mukanya bikin jijik banget, cocok sih jadi penjahat, cuma agak terlalu kurus dan kurang gagah. Kesannya kurang strong.
Nah si General Hux, dia juga sama jijiknya sama Kylo, entah kenapa mukanya terlihat kayak cowo-feminim-yang-ambisius. Kayak banci ganas gitu deh.
Keseluruhan, acting mereka bagus, kerasa feelnya.

Nah ngomongin aksinya, ini juga gue lumayan suka,  adegan perang-perangannya, berantemnya, apalagi adegan Mad Dog dan Iko Uwais dimakan monster. -.-"

Walau demikian, menurut gue ada banyak 'lubang' di film Star Wars ketujuh ini.

Pertama, waktu Resistance lagi nyusun rencana buat matiin Shield si First Order, ternyata Finn menyanggupi buat menyelundup ke markas First Order dan matiin Shieldnya.
Gue udah agak bingung di sini. Finn kan di awal film ditugasin buat bawa si Poe ke atasannya, jadi gue berasumsi Finn mungkin semacem office boy yang bisa disuruh-suruh gitu ya. Gimana cara si 'office boy' ini bisa tau cara matiin Shield yang penting banget buat keamanan seisi planet?
Eh ternyata adegan berikutnya si Han Solo nanya ke Finn, lu kerja di bagian apa sih waktu masih sama First Order.
Finn menjawab
Sanitasi.
Sanitasi, Vroh.
Han Solo kan udahnya marah, masa anak bagian sanitasi bisa matiin Shield? Ternyata Finn emang gak bisa, dia bohong tadi waktu bilang dia bisa matiin Shield.
Double deh bingungnya gue, gimana cara orang bagian sanitasi bisa dapet tugas ngebunuhin rakyat Jakku (di awal film), ngebawa tahanan penting (Poe) seorang diri, tapi juga ngurus SANITASI. Kalo perusahaan mah ini teh semacem 'office boy' disuruh bikin kopi, tapi juga disuruh ngurus akuntansi, juga disuruh ngurus marketing perusahaan.
Siapapun bagian HRD di First Order, gue bilang dia bego, gimana sih ngatur kerjaan orang-orangnya? Pantesan First Order kalah. Huh.

Kedua.....  Lightsaber. Ini bener-bener serius, Vroh.
Gimana ceritanya coba si Rey dan Finn bisa pake lightsaber begitu aja tanpa latihan dulu. Jedi aja yang katanya hebat dan perkasa dan punya FORCE, harus latihan dari kecil buat bisa pake lightsaber.
Oke anggap aja Rey punya force super kuat dan udah biasa bertarung pake tongkat, jadi bisa pake lightsaber dengan mudah.
Kalo si Finn gimana? Dia gak punya Force (sejauh ini gak ada tanda-tanda dia punya Force). Terus, Finn yang biasa pake senapan, harusnya sih dia belum terbiasa pake benda semacem pedang apalagi lightsaber yang legendaris dan super keren. Ini mah tiba-tiba dia bisa pake gitu aja.
Udah gitu yang anehnya lagi, waktu Finn gelut sama Stormtrooper (pasukan First Order), lightsabernya kena senjata si Stormtrooper tapi senjata tersebut rusak juga nggak. Padahal lightsaber bisa nebang pohon, dan udah berapa kali motong tangan manusia (termasuk tangan Darth Vader dan Luke Skywalker)
Tiba-tiba Lightsaber yang konon adalah senjata yang sangat kuat dan 'tajam', jadi kaya pedang biasa-biasa aja.

Ketiga, kekuatan force si Rey. Jedi aja butuh latihan bertahun-tahun buat bisa kendaliin Forcenya. Nah si Rey yang gak pernah latihan Jedi ini, tiba-tiba bisa menguak kemampuannya mengendalikan Force cuma dalam waktu singkat banget. Pertama, waktu dia baca pikiran si Kylo Ren. Okelah anggap aja waktu itu dia terancam jadi kekuatan Forcenya keluar dengan hebat.
Kedua, entah darimana Rey bisa punya ide buat nyoba mengendalikan orang lain. Padahal awalnya dia kan cuma bisa baca pikiran doang. Tiba-tiba dalam waktu beberapa menit dia inisiatif sendiri buat mengendalikan pikiran Stormtrooper, dan berhasil.
Udah gitu, kemampuan buat ngambil barang tanpa menyentuhnya. Sama kaya yang gue bilang tadi, entah darimana Rey dapet ide buat nyoba melakukannya, dan parahnya lagi, dia berhasil dengan mudah.

Keempat, gue heran sama Maz Kanata. Di film ini, Maz digambarkan adalah makhluk berumur panjaaang, bijaksana, pandai membaca ekspresi orang, ilmunya banyak, udah ngeliat kejahatan dalam 3 rupa (Sith, Emperor, dan sekarang First Order)
Yang gue heran, gimana bisa Maz yang begitu bijaksana, dengan polos dan begonya, teriak "Hannnnn Soloooo!" di depan orang banyak. Padahal Maz sendiri tau First Order lagi bergerak, dan buat Han Solo yang riwayat hidupnya banyak bertarung sama kejahatan, identitas tuh harusnya gak sembarangan diumbar di depan makhluk-makhluk gak dikenal. Akibatnya, bener aja ada seorang cewek seram yang langsung kasih tau First Order kalo Han Solo ada di tempat tersebut.
Udah gitu, si Han Solo juga sama begonya, udah identitasnya diumbar oleh Maz, dia cuek-cuek aja tanpa mempertimbangkan kemungkinan kalo di sekitar mereka waktu itu ada yang berpihak ke First Order. Gak taunya, ga lama kemudian bener aja kan pasukan First Order dateng menyerang. Menurut gue, kejadian ini adalah murni akibat kebegoan Maz dan Han sendiri.

Kelima, ukuran kekuatan bertarung tokoh-tokoh di film Starwars ini gak jelas banget.
Gimana cara Rey yang baru pertama kali pegang lightsaber bisa ngalahin Kylo Ren yang udah bertahun-tahun pake lightsaber? Waktu adegan mereka gelut, gue udah heran banget, masa si Kylo yang konon kuat, super jahat, punya kedudukan tinggi di First Order, dan udah bertahun-tahun pake Force, tiba-tiba jadi kayak bocah culun maen pedang-pedangan sama si Rey. Dari tinggi badan, kekuatan fisik, dan teknik bertarung, harusnya gak mungkin Kylo kalah sama Rey. Oke di film ini Kylo gak sampe mati kalah telak dari Rey, tapi Kylo udah terdesak sampe jatoh gitu kan. Ini aneh banget.
Terus, gue heran juga si Finn bisa ga mati waktu punggungnya kena ligthsabernya si Kylo. Entah si Kylo ini melemah atau lightsabernya udah jelek atau si Finn ternyata vampir immortal temen si Edward yang gak bisa mati sih?
Seperti gue bilang tadi, lightsaber bisa nebang pohon loh harusnya. Nebas badan manusia masa ga bikin mati.

Keenam..... Entah kenapa gue ngerasanya si Finn ini difriendzone-in sama si Rey. Wakakakakakak.

Secara keseluruhan tapi filmnya keren banget dan gue gak sabar buat tunggu kelanjutannya! Aksi si Rey juga rasanya asyik banget. Arghh.

Eh iya waktu gue tulis kritik gue ini, mungkin ada di antara kalian yang mikir:
"Emangnya lo bisa bikin film sekeren ini??"
"Lo aja belom lebih sukses dari produser Star Wars, gak usah banyak kritik deh."
"Bisanya kritik doang, lu sendiri udah punya prestasi apa?"

Nih gue jawab.
Apakah seseorang harus jadi Chef terkenal dulu buat bisa kritik makanan di suatu restoran itu gak enak?
Apakah seseorang harus jadi penyanyi kelas dunia dulu buat bisa kritik suara temennya fales?
Apakah seseorang harus jadi desainer sekelas Ivan Gunawan dulu buat bisa ngomong "Ih baju model x jelek banget."?
Apakah gue harus memproduksi film besar dulu baru bisa kritik film Star Wars?

Entah siapa yang bikin aturan "Harus ahli dulu baru boleh kritik".

Pikirin yah, Vroh. Hehehe.

Btw gue juga gak 100% ngerti sama cerita Star Wars dari episode I, jadi kalo kata-kata atau pernyataan gue yang salah maapkan ya. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar