Senin, 22 Agustus 2016

Chrono Cross

Oke.. Gue bukan seorang pure geek tapi gue akui buat ukuran cewek berfisik barbie, gue cukup suka maen game.
*sledding* *apanya yang barbie*
Salah satu game yang sangat gue sukai adalah.. Chrono Cross. Game ini bentuknya RPG (Role-Playing Game) jadi ini ada ceritanya gitu deh. Ini aslinya game PS 1 tapi menurut gue visualnya rada gila buat ukuran PS 1. Terus lagunya juga sama gilanya sih. Komposernya Yasunori Mitsuda, favorit gue pokoknya.
Sebenernya gue udah maen game ini sejak kelas 2 SD yakni tahun 2001 gitu deh. Tapi waktu itu gue belom ngerti bahasa inggris apalagi ngerti misi-misinya. Alhasil, gue cuma muter-muter keliling pulau, ga jelas ngapain. Sampai akhirnya CD bajakannya pun rusak dan tidak bisa dibaca lagi. :(

Akhirnya gue pun lupa soal game Chrono Cross. . . . .


Nah pas tahun 2012, temen gue kebetulan ada yang maen Chrono Cross juga, tapi dia maen di komputer pake emulator.
SESUNGGUHNYA baru kali itu lah gue mengetahui bahwa di dunia ini ada benda ajaib bernama EMULATOR. Kalau tau dari dulu mah gue udah download sejak lama da.

Akhirnya gue pasang emulator di komputer gue, namanya ePSXe 170. Waktu itu mah versi 170 ini masih agak baru rasanya. Udah gitu gue maennya pake ISO. Jadi kayak file gamenya gitu deh.
Yaudah untuk pertama kalinya setelah kurang lebih 10 tahun, gue memainkan game ini lagi. Opening themenya sangat meresap di hati . . . Lu coba cari aja di Youtube deh.

Gue udah ngerti bahasa inggris ya jadi lumayan bisa maennya sekarang mah, cuma waktu itu gue masih agak bodo, banyak banget ability karakternya yang ga gue manfaatkan dalam pertarungan. Banyak juga teknik, karakter, senjata yang gak gue dapatkan.
Nah akhirnya gue udah selesain CD 1 nya. (Chrono Cross terdiri dari 2 CD) Pas mau pindah ke CD 2, gila siah itu mah.. Eror terus dong. Kesel banget gak coba gue. Akhirnya gue search google search youtube dan segala macem gimana biar bisa pindah CD.
Ribet pisan pokoknya, mesti pake Daemon Tools segala macem, tapi akhirnya bisa. SOALNYA GUE SMART. HORE.

Begitu masuk ke CD 2, gue kan udah ceria banget tuh, eh kampret banget brader-sister, malah muncul bug terus-terusan.
Jadi di awal CD 2 kan harusnya gue lawan FATE,  eh malah screennya jadi item-item ga jelas. Udah mah aslinya FATE emang item. *bukan rasis*

FATE
Terus sejak itu layarnya item terus sepanjang game, intinya ini mah udah ga bisa dimaenin.
Lu bayangin gue udah susah-susah pindah ke CD 2, sekarang layar jadi item dengan sedikit bayang-bayang karakternya.
Akibat rasa kezel yang tak tertahankan akhirnya gue rehat dari permainan ini. Kayaknya gue memang gak ditakdirkan maen ato gimana gitu ya.  File ePSXe 170 dan iso Chrono Cross pun gue biarin nganggur di komputer gue.

Akhirnya tahun demi tahun berlalu, sekarang udah 2016 kan ya. Gue tiba-tiba kangen maen Chrono Cross lagi, cuma kan gimana ya masa gue maen CD 1 terus. Gue pun baca-baca google kan gimana cara pindah CD-nya. Ternyata dari yang gue baca, ePSXe 170 tuh emang sering bermasalah buat game yang terdiri dari 2 CD.

Ternyata masalahnya di ePSXe 170 nya, brader-sister.

Yaudah aja kalau gitu mah gue download ePSXe 190 (ini versi lebih baru daripada 170 yang gue punya) Terus isi folder memory card di ePSXe 170 gue copy paste di ePSXe 190. Sebenernya gue cuma sok nyoba-nyoba doang.
Tapi.
Ini.
Berhasil.
HORE.
Lalu gue lanjutin maen kayak biasa. Pindah CD kayak biasa. Done.
Ternyata ePSXe 190 mah lancar pisan, pindah CD gampang, dan ga ada tuh layar komputer jadi item-item ga jelas.


Tuh cuma copas doang terus gue ga usah ulang lagi dari awal deh walau maen di ePSXe 190.
HAHAHA seru.

Akhirnya kemaren ini gue baru namatin Chrono Cross.
Sejak tahun 2001 maen, gue baru tamatin sekarang dong tahun 2016.

PERJALANAN PANJANG, PARA PEMIRSA.
Padahal selama itu gue udah tamatin berapa banyak game Tomb Raider coba.

Baru-baru ini karena gue penasaran sama rahasia-rahasia dan ability yang belum terkuak, gue maen ulang lagi dari awal Chrono Crossnya. Terus kan ini endingnya bisa macem-macem, nah gue penasaran mau coba tamatin dengan ending yang berbeda.
Btw gue kali ini liat walkthrough. Iseng aja sih, toh gue udah pernah tamatin tanpa walkthrough:
http://www.ign.com/wikis/chrono-cross/Disc_1_Walkthrough

Sekarang gue masih maen tapi belum sampe CD 2 acan, lagi lawan dragons nih... Seru kan.

Nah sekian dulu post kali ini.
Sekarang gue mau mengerjakan hal lain dulu. Wakaka.
Bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar