Sabtu, 21 September 2019

Baik-Jahat

Semua orang pasti memiliki sisi gelap dalam dirinya. Misalnya, tumbuhnya rasa iri, marah, dendam, dengki, atau munculnya hasrat ganjil untuk menjulidkan orang lain. Mana sih ada orang yang ga pernah merasakan atau melakukannya.
Perasaan-perasaan ini tuh seringkali tumbuh sendiri tanpa kita panggil (walau bisa kita tanam dan kita pupuk sendiri)
Kayak rasa lapar dan haus, tanpa kita suruh pun rasa-rasa itu kan bakal muncul sendiri dalam diri kita.
Terus, apakah dengan adanya rasa tersebut berarti kita ini adalah orang jahat?
Sebaik-baiknya orang, apakah mungkin ga pernah ada perasaan negatif dalam dirinya?
Yesus aja pernah marah, Bro. Tapi apakah Yesus itu jahat?

Sebuah perenungan bagi Noi. Hingga suatu saat gue membaca sebuah kata-kata bagus banget nih dari Sirius Black.

"We've all got both light and dark inside us. What matters is the part we choose to act on."

Semua orang memiliki sisi terang dan sisi gelap di dalam dirinya. Yang penting, sisi mana yang kita pilih.

Itu dia Bradersister, secercah cahaya datang dalam hidup gue dan menjawab pertanyaan yang sering terngiang dalam otak gue.

Semua orang pasti memiliki sisi negatif dalam hatinya. Sekarang yang menentukan apakah orang tersebut baik atau jahat adalah, sisi mana yang orang itu mau pilih dalam menjalani kehidupan.
Gue pribadi sih lebih kepingin bisa menerapkan sisi baik gue, walau kadang gue khilaf juga sih, misalnya ga sengaja julid. (Ehe)
Tapi gue rasa, ketika seorang manusia berlaku negatif lalu ia menyesal dan berusaha untuk ga mengulanginya lagi, mungkin orang tersebut bisa dikategorikan sebagai orang baik.
Kebalikannya, ketika seorang manusia berbuat negatif, terus dia bangga dan tanpa merasa bersalah terus melakukannya, mungkin manusia itu ga bisa dibilang manusia baik.

Konsep baik-jahat ini #ceilah memang ribet dan ga sederhana. Standar baik jahat tiap manusia ataupun tiap kelompok manusia toh bisa jadi berbeda.

But thanks to Sirius Black (J.K. Rowling lebih tepatnya)
Buku Harry Potter mengajarkan gue banyak hal bagus tentang kehidupan ini.
Hehehe.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar