Sabtu, 21 September 2019

Harry Potter

Kali ini gue akan membahas buku Harry Potter yang sangat tersohor.

Gue memang selalu ngikutin film Harpot dari yang paling awal sampe paling akhir.
Tapi gue ga baca bukunya Bradersister. Yang gue baca cuma yang pertama (Philosopher Stone) sama yang terakhir (Deathly Hallows) DAN gue bacanya waktu masih kecil, kayanya masih umur 13 atau 14 gitulah. Jujur aja waktu itu gue hanya seonggok gadis kecil kurus kerempeng dengan kemampuan imajinasi rendah jadi gue banyak ga nangkep isi bukunya.

Akhirnya Noi yang sudah berusia 25 tahun #ups memutuskan buat beli bukunya dan baca lagi dari awal. Sekarang kemampuan imajinasi gue udah gelow kayak Pablo Picasso.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa bukunya jauh lebih keren daripada filmnya.
Nah menurut pendapat pribadi gue, memang sih bukunya jauh lebih mendalam dan lebih detail daripada film, tapi sebenernya Warner Bross udah berhasil bikin film yang baguuus banget dari buku Harpot. Ada beberapa hal yang diubah ketika dijadiin film, tapi gak semuanya negatif. Beberapa perubahannya berhasil bikin alur bisa dikisahkan dengan lebih efisien, dan beberapa ada yang bikin cerita lebih dramatis.

Misalnya perkenalan awal Harry Potter si culun dan Draco Malfoy si manusia kampret. Kalau di buku, mereka pertama kali ketemu di Diagon Alley waktu lagi belanja keperluan sekolah.
Kalau di film, mereka kenalan di Hogwarts di depan temen-temen, sehingga menurut gue yang di film tuh perkenalan mereka keliatan jauh lebih dramatis untuk mengawali rangkaian permusuhan mereka sepanjang seri.

Positifnya buku adalah, karakter jauh lebih lengkap, isi hati tiap tokoh lebih dalam diceritainnya, detail lebih maksimal, sampai-sampai bahan pembuat tongkat sihir tokoh-tokohnya aja diceritain dong.
Udah gitu, menurut gue bukunya menceritakan kisah Ginny sama Harpot dengan lebih dramatis dan make sense. Dimana Ginny diceritain suka sama Harry dari kecil, terus dia move on dan coba pacaan sama orang lain (dan ternyata Ginny populer coy gampang amat dapet cowo baru) dan akhirnya setelah Ginny tumbuh mekar seperti gadis kembang kecamatan barulah Harpot ngelirik si Ginny, apalagi di buku keliatan jelas karakter development karakter Ginny dari cewe pemalu dan rendah diri, lama-lama jadi pemberani dan bisa stand for herself, terus dia banyak belajar dari kakak-kakak cowoknya yang sukses-sukses, pemberani dan strong ituloh (yah, kecuali Ron)

Kalau di film sih pertama kali gue nonton, gue nangkepnya malah Ginny ini lebih nonjol sifat agresifnya daripada strongnya. Soalnya dia keliatan banget mepet terus ke si Harry, pegang tangan lah cium lah. Padahal kalau di bukunya, ditonjolin banget sifat Ginny yang strong-willed dan emang tanpa jadi murahan pun cowok-cowok udah naksir dia.

Udah gitu soal golden trio (Harry Ron Hermione)
Edan di buku mah mereka bertiga berantem terus woy dari awal sampe akhir wkwkwkwk dasar anak-anak bau kencur.
Kalau di film sih rasanya ga sampe segitunya deh, cuma beberapa kali di tiap film.
Tapi hubungan mereka di buku emang lebih keliatan sih naik-turunnya, secara diceritain detail banget.

Yah buat kalian yang doyan film Harpot tapi belum baca bukunya, mending baca deh. Seru banget, dan gue pribadi yang udah nonton filmnya lebih dari 20x totalnya, tetep masih enjoy banget baca bukunya.
Eh btw gue ternyata mayan juga uda baca lebih dari 80 novel dalam hidup gue, baru sadar setelah liat akun Goodreads gue sendiri.
Banyak sih orang lain yang udah baca 200-an buku but I'm pretty proud of my number tho.
#sombong #pamer #congkak #tinggihati

Budayakan membacaaaaa. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar