Sabtu, 21 September 2019

Sombong

Kita bisa sombong akan banyak hal, Bradersister. 
Sombong itu memang gak baik, gue sendiri sering tanpa sadar menyombongkan sesuatu dan kemudian menyesal. Tapi itu ga masalah, yang penting kita mau introspeksi dan mengubah diri. Yang penting kita lakukan kalau mau berubah adalah, kenali dulu kesombongan kita sendiri.
Yang paling gampang keliatan sih menyombongkan sesuatu yang 'lebih' kita miliki daripada orang lain. Misalnya sombong karena punya rumah lebih mewah, sombong karena punya kepintaran lebih tinggi, sombong karena punya bulu dada lebih banyak.
Nah, tapi sebenernya ada kesombongan yang agak sulit dideteksi baik oleh diri sendiri tapi mudah dideteksi orang lain dan seringkali bikin orang tersebut keki. Kalau diri sendiri ga bisa mendeteksi, ya gimana bisa berubah.
Sombong yang seperti ini biasanya berkaitan dengan sesuatu yang 'kurang'. Misalnya merasa diri sendiri kurang berdosa dibanding orang lain, merasa diri sendiri kurang miskin dibanding orang lain, merasa diri sendiri kurang jelek dibanding orang lain. 

(Yah ini mah noi cuma memainkan kata-kata sih wkwk)

Salah satunya yang gue baru sadari belakangan ini adalah.
Gue sering menyombongkan Hp murah Xiaomi yang gue miliki. Kenapa sombong cobak. Harganya cuma Rp 2.500.000,- an kurang lebih, kalah jauh sama Iphone yang harganya bisa mencapai Rp 15.000.000,-
Pada satu titik gue sadar bukan harga Hp nya yang gue sombongkan.
Tapi gue sadar gue menyombongkan ke-kurangpeduli-an gue pada harga Hp. 
Gue pamerin buat buktiin bahwa hanya dengan Hp murah pun gue tetep selalu percaya diri dan keren, Masbro. Gue sombong banget, ngerasa ga butuh punya Hp mahal buat gaul.

Tapi kalau boleh jujur, sebenernya gue emang ga butuh Hp mahal sih, menurut gue Xiaomi Note 7 yang gue miliki udah bagus banget, tahan banting, kamera oke banget, dan batre? Kalau gue pake maen PUBG, maka 1 hari sekali harus dicas. Kalau gak dipake game, Hp gue bisa bertahan 1.5 hari tanpa dicas.
Jadi buat kalian yang lagi cari Hp murah, coba deh beli Xiaomi, worth it banget, gue sama sekali ga nyesel udah beli barang ini. Daripada kalian maksain diri beli Hp 15 jeti (entah merk apapun itu) mending sesuaikan dengan kantong kalian. Tentu saja pesan ini tidak berlaku untuk kamuh-kamuh yang penghasilannya lebih dari 20 jeti rupiah per bulannya. :)

(Note: Gue lagi ngerjain tugas akhir untuk tahap pendidikan S3 Marketing, jadi harap maklum kalau gue tiba-tiba mempromosikan produk di akhir post kali ini.)
Salam sukses. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar