Kamis, 13 November 2014

Bohong

Kamu suka bohong? Ga suka? Jangan bohong kamu... ^^

Bohong udah jadi bagian dari kehidupan manusia.  Sadar ga sadar, tanpa bohong kamu ga akan bisa bersosialisasi.
Gue sendiri ga jarang ngebohong. 
Kebohongan ada di mana aja ?
1. Iklan udah pasti banyak bohongnya (contohnya herbal ess*nce bisa bkin rambut gimbal jadi lurus lembut)
2. Pebisnis uda pasti  sering bohong ke client
3. Murid bohong ke guru
4. Pemerintah bohong ke masyarakat
5. Anak bohong ke ortu
6. Ini agak ekstrim: pelajaran PPKn yang diajarin di sekolah waktu jaman orba konon banyak bohongnya , bohong yang nguntungin rezim yang bersangkutan.

Kebohongan adalah bagian dari kehidupan manusia. Gue sendiri pada saat tertentu melakukannya.
Prinsip gue adalah.. Berbohonglah selama ga ngerugiin siapa-siapa dan ga berdampak buruk, bahkan menguntungkan banyak pihak.
Tapi dalam menerapkan prinsip tersebut gue tetep punya aturan:
1. Jangan bohong kalau ga perlu-perlu amat.
2. Jangan ngucapin kata-kata yang ga perlu waktu ngebohong. Entar gampang ketauan.
3. Kalau mau bohong, pasttin kebohongan itu ga akan berakibat buruk.

Kalau menurut lu bohong itu udah pasti berakibat jelek, berarti pikiran lu masih sempit. Nih gue kasi contoh bahwa bohong bisa menguntungkan..

Penjaga toko : "Selamat datang, ada yang bisa dibantu?"
Ibu-ibu          : "Saya lagi cari perhiasan.." (lalu liat-liat pajangan)
Penjaga toko : "Ibu sukanya yang mana?"
Ibu-ibu          : "Saya mau yang ini..." (nunjuk kalung seharga Rp 1.000.000,-)
Penjaga toko : "Wah wanita secatik ibu masa pake yang itu? Ibu cocoknya pake yang mewah, ini aja bu..." (ngasih liat kalung seharga Rp 2.000.000,-)
Ibu-ibu          : (tersipu malu tapi senang) Oh gitu ya.. yauda saya beli deh yang Rp 2.000.000..


Nah dalam kasus ini, si Penjaga Toko ngebohong kalau si Ibu-ibu cantik, padahal si Ibunya uga udah tua terus menor, apanya yang cantik. Tapi dalam kasus ini kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dimana si Penjaga Toko bisa menjual kalung yang berharga lebih mahal, dan si Ibu selain dapet kalung bagus juga seneng dibilang cantik + cocok sama barang mewah.
Ada dampak buruk ga dari kejadian ini? Ga ada. Kalaupun ada, ga sebanding sama keuntungan yang didapat kedua belah pihak.

Kejujuran sendiri, seringkali bikin masalah. Ini contohnya, ceritanya si Cowok lagi pedekatein si Cewek. Dia kasih mawar ke si Cewek. Dalam kasus ini, si cowok berkata jujur.

Cowok: Mawar indah ini kuberikan khusus buat kamu.
Cewek: Wah makasih ya.. So sweet.. Kenapa kamu kasih ini ke aku?
Cowok: Ya nyogok lo supaya lo mau sama gue lah. Apalagi.
Cewek: Oh jadi kamu ga tulus?!?!?! *kemudian marah-marah*

Ini contoh lagi. Cowoknya ngomong jujur. Ini ceritanya udah jadian.

Cewek: Sayang.. Menurut kamu apa sih yang paling menarik dari diri aku?
Cowok: Menurut aku sih **** kamu yang seksi, ***** kamu yang berisi.
Cewek: KURANG AJAR!! *PLAK*

Dalam kehidupan cewek, basa-basi sering dipenuhi kebohongan. Ga jarang gue liat di instagram seorang cewek yang mukanya jelek kaya alas sendal walet pas ngepost foto selfienya, dicomment sama cewek-cewek laen "Wah cantik banget sis!" "Kamu kurusan yahh??" "Duh cute banget kaya boneka!"

PRET

Dari cewek-cewek kalangan biasa aja sampe cewek-cewek modis kaya raya, semua melakukan basa-basi seperti itu.
Gue sendiri muji sesama cewek cantik HANYA kalau cewek tersebut beneran cantik. Kalo jelek ga akan gue puji-puji. Dalam hal ini gue lebih memilih diem aja daripada ngebohong. :P

Betewe, tadi di atas gue sebutin.. jangan ngebohong kalau ga perlu.. Maksudnya adalah, ngapain lu bohong kalau ga ada benefitnya. Lu harus tau, bohong itu punya banyak resiko. Kalau ampe ketauan, akibatnya bisa buruk, lu bisa malu, dicerca, ga dipercaya orang, dan lain-lain. Ngapain ngambil resiko besar untuk sesuatu yang ga ada benefitnya. #ekonomi

Terus, yang gue maksud "Jangan ngucapin kata-kata yang ga perlu waktu ngebohong" Misalnya..

Mama: "Tadi pulang sekolah kamu kemana?"
Anak : " Tadi abis belajar sama temen-temen mah (bohong, padahal abis maen). Si Susan tadi nanya ke aku soal Matematika, aku jelasin sampe dia ngerti."

Yang dicetak merah adalah 'kata-kata yang ga perlu'.

*Si Mama kebetulan tau dari Maminya Susan bahwa Susan lagi sakit, lagi bobok seharian di rumah, jadi ga mungkin si Anak bisa ngajarin Susan Matematika pas pulang sekolah. Ketauan deh bohongnya si Anak."
Intinya sih, makin banyak data yang lu kasih ke lawan bicara waktu bohong, semakin mungkin si lawan bicara bisa membongkar kebohongan tersebut.

Nah sekian post gue tentang ngebohong. Bijak-bijaklah dalam berbohong, jangan sampe melakukan kebohongan dengan cara yang culun. See ya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar