Senin, 24 November 2014

Ramalan

Kamu percaya ramalan?
Saya sih ngga.
Dulu waktu saya masih lebih muda dari sekarang, saya percaya ramalan. Ramalan shio, fengsui, zodiak, golongan darah, sampe ramalan tai lalat gue percaya semua.

Namun semua berubah setelah negara api menyerang .. . .  .  .   .

Dulu saya nurut banget sama ramalan di majalah cewek. Misal , dia ngomong capricorn  sebaiknya pake baju kuning di minggu ini biar dapet keberuntungan, saya ikutin.
Namun setelah saya pikir dengan akal sehat, ketidakberuntungan tetep terjadi, demikian juga dengan keberuntungan. Intinya sih, ga ngaruh saya pake baju kuning.
Saya cukup sering melakukan hal macam ini (nurut ke kata2 ramalan) makanya saya akhirnya sadar bahwa si peramal ini cuma asal ngomong doang.

Si peramal ini posisinya enak, kalau ramalan dia bener, client (orang yang diramal) bakal makin percaya. Tapi kalo ramalannya meleset, siapa juga yang bisa nuntut dia?
Apalagi kalo si client udah percaya alias tersugesti. Walaupun si peramal salah, si client secara ga sadar bakal cari-cari pembenaran bahwa ramalan itu benar.

Contoh, peramal mengatakan bahwa client akan mendapatkan keberuntungan di minggu ini.
Terus si client menjalani minggu ini.. kebetulan dia gajian dan gajinya naek.. namun sebelum gajian dia kena marah bosnya.
Nah kalo clientnya udah percaya, dia bakal nganggap kenaikan gaji sebagai keberuntungan, tapi dia mengabaikan fakta bahwa dia kena sial (dimarahin bos)
Padahal, kenaikan gaji bisa terjadi kapan aja, kebetulan aja minggu ini dia naek gajinya.

Nah itu salah satu contohnya.. saya juga dulu tersugesti jadi percaya terus dalam beberapa taun.. sampe akhirnya saya sadar saya udah mengabaikan fakta-fakta yang berlawanan sama kata2 si peramal..
Sejauh yang saya liat, peramal biasanya cuma ngeramal hal-hal yang bersifat umum, misalnya kamu akan bahagia, kamu akan berat jodoh, kamu akan sukses, dan lain-lain.
Soalnya makin detail ramalan, begitu meleset dikit client akan langsung ga percaya lagi. Beda sama ramalan yang sifatnya umum, si client yang udah tersugesti bisa cari-cari pembenaran terus.

Jadi, makin detail ramalan, makin gampang ketauan kalo salah.

Nah .. betewe tentang ramalan, saya punya pergumulan yang sampe saat ini menghantui saya.

Dulu teman saya  ngeramal masa depan saya pake tarot. Dan anehnya  sejauh ini ramalan dia tepat semua, padahal saya istilahnya mah udah lepas dari sugesti lah.
Isi ramalan saya bagus sih, masa depan bahagia gemilang. Nyesel masuk akuntansi juga bener (padahal dulu pas diramal saya masih seneng akuntansi)
Saya jadi berpikir mungkin ada black magic di kartunya dia LOL.

Sebenernya saya ga percaya kayak gituan.. tapi entahlah...  saya pengen lupain fakta saya pernah diramal sama dia tapi da gimana atuh. :(

Gila di post ini gue pake kata 'saya'. Aneh pisan siah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar